Home 10 BERITA 10 Wabup Aceh Besar Buka Sosialisasi Imunisasi Pentavalen
din-mpd-mewawancarai-w

Wabup Aceh Besar Buka Sosialisasi Imunisasi Pentavalen

KOTA JANTHO – Wakil Bupati Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes membuka kegiatan sosialisasi imunisasi pentavalen di Aula SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Kecamatan Ingin Jaya, Selasa (15/9/2015). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Aceh Besar bekerjasama dengan Kemenkes Republik Indonesia dan The Global Alliance for Vaccines and Immunizations (GAVI) itu turut dihadiri Kadiskes Aceh Besar dr Wahyu Zulfansyah MKes, Direktur RSUD Aceh Besar Anita SKM MKes, pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Aceh Tgk Asnawi, anggota Ikatan Bidan Indonesia, perwakilan dayah, dan perwakilan PCNU Aceh Besar.
Ketua PCNU Aceh Besar, Tgk Dhiauddin Idris didampingi ketua panitia, M Yanis SSos menjelaskan, sosialisasi tersebut diikuti 100 peserta yang terdiri dari pengurus PCNU Aceh Besar, perwakilan badan otonom NU, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Ikatan Bidan Indonesia Cabang Aceh Besar, keluarga besar PII, dan utusan dayah. Dikatakannya, PCNU Aceh Besar menilai imunissasi sangat penting sebagai penguat ketahanan tubuh dari penyakit. Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi pencanangan imunisasi pentavalen, sehingga diharapkan bisa lebih memotivasi Pemerintah Daerah dan stakeholder untuk bekerja lebih keras melindungi anak-anak Indonesia, khususnya di Aceh Besar. “Nahdlatul Ulama beranggapan ini adadalah bagian dari ajaran agama yang membutuhkan dukungan semua pihak,” tambah Dhiauddin yang juga anggota DPRK Aceh Besar itu.
Adapun pemateri masing-masing Muhani SKM MKes (pejabat Bagian Promosi Kesehatan Kemenkes Republik Indonesia) dan Tgk Muhammad Hatta Lc (tokoh agama).
Sementara itu, Wabup Aceh Besar Drs Syamsulrizal MKes menyatakan, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa imunisasi memberikan perlindungan yang sangat signifikan terhadap anak-anak. Kini, anak-anak Indonesia akan terlindungi dari ancaman penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I), dengan ditambahkannya vaksin haemophilus influenzae type b (Hib) yang diberikan bersamaan dengan vaksin DPT dan hepatitis B.
Menurut Syamsulrizal, sebuah harapan besar bahwa masyarakat paham dan dapat menerima program imunisasi. Itu pula sebabnya, Pemkab sangat berterima kasih kepada pengurus PBNU karena telah memberikan kontribusi nyata dalam meringankan beban Pemkab, terutama untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat. “Mari kita mengajak masyarakat untuk memberikan imunisasi anak-anak mereka, mengingat ini merupakan tugas dan wujud kepedulian kita bersama,” pintanya.
Kegiatan sosialisasi itu, ulas Wabup Aceh Besar, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pemberian imunisasi terhadap anak-anak dengan menggunakan peran tokoh agama serta sosialisasi tentang pentingnya pemberian imunisasi dasar serta pentavalen bagi bayi tiga tahun (Batita) kepada masyarakat, terutama di kawasan dayah.
Pada sisi lain, imunisasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai Millenium Development Goal (MDGs), khususnya untuk menurunkan angka kematian anak. Imunisasi juga memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan human development index terkait dengan angka umur harapan hidup, karena dapat menghindarkan dari kematian anak bangsa sebagai penerus perjuangan di masa yang akan datang, sehingga imunisasi sangat dibutuhkan.

x

Check Also

img-20170729-wa0273

Bupati Mawardi Buka Muswil Rapi Aceh Besar

KOTA JANTHO – Bupato Aceh Besar Ir Mawardi Ali membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) IV Radio ...

jemaah-haji-aceh-besar

Wakil Bupati Peusijuek, 550 Orang JCH Aceh Besar

KOTA JANTHO – Tahun ini, sebanyak 550 calon jamaah haji (CJH) Aceh Besar akan diberangkatkan ...

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali didampingi Sekdakab Drs Iskandar MSi dan pejabat terkait lainnya meninjau bendungan irigasi Seuneubok Seulimuem, Minggu (16/7/2017)

Bupati Aceh Besar Tinjau Saluran Irigasi

KOTA JANTHO – Mengantisipasi dampak musim kemarau dan menyukseskan musim tanam gadu, Bupati Aceh Besar ...

manasik-haji

Bupati Aceh Besar Buka Kegiatan Manasik Haji

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali didampingi Wakil Bupati Aceh Besar Tgk ...

Pemkab Aceh Besar Terima Penghargaan Kawasan Tanpa Rokok dari Menkes RI

Pemkab Aceh Besar Terima Penghargaan Kawasan Tanpa Rokok dari Menkes RI

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menerima penghargaan Pastika Parama dari Menteri Kesehatan ...