Home 10 BERITA 10 Program BABM Jadi Prioritas

Program BABM Jadi Prioritas

Program BABM Jadi Prioritas Wakil Bupati Aceh Besar Dr Syamsulrizal Mkes menjelaskan, untuk membentuk karakter dan akhlak generasi muda, maka pemerintah pada tahun 2016 telah membina berbagai kegiatan keagamaan di meunasah-meunasah danbalai beut dayah melalui program Beut Alquran Ba’da Maghrib (BABM). Dalam hal mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), pemerintah melalui Dinas Syariat Islam telah melakukan pembinaan peserta MTQ di setiap kecamatan lingkup Kabupaten Aceh Besar.pada tahun 2016 pemerintah kabupaten aceh besartelah melatih masyarakat dengan berbagai ketrampilan dalam rangka meningkatkan kemampuan kerja anggota masyarakat dalam menghadapi dunia kerja.

Ketika menyampaikan laporan LKPJ di gedung DPRK Aceh Besar, Selasa (11/4/2017), Wabup Aceh Besar mengemukakan, di sektor parawisata pemerintah telah memperbaiki sarana dan prasarana di beberapa objek wisata, begitu juga terhadap fasilitas olahraga termasuk untuk mendukung kegiatan PORA tahun 2018.Di sektor perindustrian, perdagangan dan UKM, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar telah membangun dan merehabilitasi sarana dan prasarana pasar, pemberdayaan ukm danpembinaan industri kecil yang ada dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar. Kerja sama dengan intansi lain juga perlu ditingkatkan baik instansi pemerintah maupun instansi swasta lainnya di tingkat daerah, nasional dan internasional. pada tahun 2016 pemerintah kabupaten aceh besar telah menandatangani beberapa perjanjian kerjasama (MoU) dengan berbagai instansi termasuk realisasi program pamsimas, program kota tanpa kumuh (Kotaku) dan program penaggulangan kemiskinan daerah. “Pada kesempatan ini kami atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih ke semua pihak, khususnya kepada penyelenggara pemilu kepala daerah Kabupaten Aceh Besar yaitu KIP, Bawaslu, serta TNI/Polri atas terselenggaranya pesta demokrasi dengan baik tanpa ada gangguan di sani-sini.

Alhamdulillah, atas kerja keras dan dukungan semua pihak, program pembangunan yang direncanakan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja bersama antara Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, pimpinan dan anggota DPRK Aceh Besar, dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Aceh Besar,” katanya. Sektor kesehatan Terkait pembangunan sektor kesehatan, Wabup Aceh Besar menyampaikan, pada tahun 2016 jumlah ibu bersalin yang ditolong oleh tenaga kesehatansebanyak 7.617 jiwa dan angka kematian ibu bersalin sebanyak 9 jiwa. Selain itu, dapat diinformasikan bahwa angka kematian bayi pada tahun 2016 sebesar 42 per 1000 kelahiran hidup, dan jumlah balitagizi buruk sebesar 28 jiwa. Dengan tersedianya berbagai fasilitas kesehatan, jumlah kasus penyakit menular yang ditangani pada tahun 2016 sebanyak 238 kasus. Jumlah kasus penyakit menular ini turun sebesar 19,32% dibandingkan tahun 2015. Pemerintah Kabupaten Aceh Besar juga telah melakukan pembangunan dan pengadaan infrastruktur kesehatan yang diantaranya berupa pengadaan alat kesehatan untuk poskesdes agar pelayanan kesehatan dapat merata, pembangunan gedung ugd dan ruang rawat inap di Puskesmas Kota Jantho, pembangunan gedung baru Puskesmas Kecamatan Kuta Baro, pembangunan ruang rawat inap dan aula Puskesmas Kecamatan Lhoknga, pembangunan pustu di Gampong Deunong Kecamatan Darul Imarah dan juga pembangunan poskesdes di Gampong Cot Lhok Kecamatan Montasik dan Gampong Meusale Kecamatan Indrapuri.

Kemudian, pemerintah juga melakukan rehabilitasi rumah dinas di beberapa puskesmas yangdapat digunakan oleh petugas kesehatan untuk dapat melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat, serta dilakukan juga pemberian makanantambahan bagi balita dan ibu hamil untuk mencegah adanya bayi kurang gizi. Selain itu, jelas Wabup Aceh Besar, membaiknya kualitas kesehatan di Kabupaten Aceh Besar salah satunya disebabkan oleh meningkatnya pelayanan kesehatan rujukan yang difasilitasi melalui BPJS di rumah sakit pemerintah maupun klinik-klinik swasta di lingkup Kabupaten Aceh Besar.

Ditambah Wabup Syamsulrizal, untuk meningkatkan aksesibilitas dan dukungan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar telah melaksanakan pembangunan jalan kabupaten sepanjang 13.500 meter dan peningkatan jalan sepanjang 43.500 meter, serta pembangunan jalan poros desa mencapai 24.700 meter. kemudian,pemerintah juga telah melakukan rehabilitasi/pemeliharaan jalan mencapai 67.180meter dan rehabilitasi/pemeliharaan jembatan sebanyak 18 unit. Untuk mendukung kehidupan yang aman, nyaman, bersih dan sehat, pada tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Aceh Besar telah membangun prasarana dan sarana air limbah sebanyak 18 unit dan saluran drainase sepanjang 13.110meter dengan lokasi tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Aceh Besar. Dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat miskin atau kurang mampu, pemerintah telah membangun 171 unit rumah sehat sederhana yang dihibahkan kepadamasyarakat kurang mampu dengan lokasi tersebar di berbagai kecamatan dalamwilayah kabupaten aceh besar.

Kemudian, pemerintah juga telahmem bangun rumah ibadah sebanyak 46 unit yang diserahkan kepada masyarakat.Di sektorpengairan dalam mengatasi dampak banjir, pada tahun 2016 telah melaksanakan pemeliharan pengendali banjir dan pemeliharaan tanggul sungai sepanjang 7.200 meter, yang terletak di Kecamatan Blang Bintang, Darussalam, Indrapuri,Sukamakmur, dan hoknga.

Untuk menangani masalah persampahan, Pemerintah Kabupaten Aceh Besartelah melakukan pengadaan excavator/backhoeloader sebanyak 1 unit dan pembangunan tempat pembuangan benda padat/cair, serta pengembangan taman rekreasi di Kota Jantho. selain itu juga dilakukan pemantauan kualitas lingkungan dan pengelolaan limbah B3. Wabup Aceh Besar menambahkan, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar telah membangun infrastruktur terminal, pagar pengaman jalan, rambu-rambu lalu lintas serta satu buah jembatan penyeberangan untuk menjaga keselamatan masyarakat dalam berlalulintas. Selain itu, pemerintah juga melakukan penyebarluasan informasi pembangunan daerahsebagai bentuk publikasi akuntabilitas kinerja Pemerintah
Kabupaten Aceh Besar. (hil/san)

x

Check Also

20171028_103718

Pemuda Aceh Besar Harus Kreatif

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali meminta para pemuda untuk siap berkompetisi ...

img-20171101-wa0107

74 Atlet Aceh Ikut Pornas Korpri 2017 di Yogyakarta

BANDA ACEH – Sebanyak 74 atlet berbagai cabang olahraga Provinsi Aceh akan mengikuti Pekan Olahraga ...

Wagub Aceh Pantau Proyek Pembangunan di Aceh Besar

KOTA JANTHO – Wakil Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah beserta sejumlah kepala SKPA dan ...

img-20171027-wa0126

Bupati dan Wabup Aceh Besar Kunker Ke Leupung

KOTA JANTHO – Bupati Ir Mawardi Ali dan Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini ...

teureubeh

Uroe Peukan Tani di Aceh Besar Meriah

KOTA JANTHO – Ratusan petani dan masyarakat menghadiri uroe peukan tani yang berlangsung di kompleks ...