Home 10 BERITA 10 Pemkab Aceh Besar Peringati Hardikda ke-58
hardikda

Pemkab Aceh Besar Peringati Hardikda ke-58

KOTA JANTHO – Bupati Aceh BesarIrMawardi Ali yang diwakiliAsistenPemerintahandanKesraSetdakab Aceh BesarDrsMukhtarMSibertindakselakupembinaapelpadaupacaraperingatanHariPendidikan Aceh (Hardikda) ke-58 tahun 2017 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (11/9/2017).Hadirdalamkesempatanitu, paraKepala SKPK, pejabateselon III dan IV, sertapara PNS jajaranPemkab Aceh Besar.Sedangkanpemimpinupacaraadalah M Yusuf dariDinasPendidikandanKebudayaan Aceh Besar, sertaPerwiraUpacaraDrsRazali (KadisPendidikandanKebudayaan Aceh Besar).
Gubernur Aceh DrhIrwandi Yusuf MSc dalamsambutantertulis yang dibacakanAsistenPemerintahandanKesraSetdakab Aceh BesarDrsMukhtarMSimenyatakan, Hardikdamerupakansimbolkeistimewaanbidangpendidikan yang ada di BumiSerambiMekkah.SejarahHardikadiawaliketikaparapemimpin Aceh meletakkantonggaksejarahberdirinyaUniversitasSyiah Kuala, IAIN AR-Raniry, danDayahManyangTgkChikPanteKulu yang beradadalamsatuwilayah yang dinamakan Kota PelajarMahasiswaatauKopelma Darussalam.Selanjutnya, pada 2 September 1959 PresidenSoekarnomeresmikanKampus Darussalam sebagaitonggakpenguatanpendidikan di Aceh.Sejakitu, Pemerintah Aceh menetapkantanggal 2 September sebagaiHariPendidikan Daerah, yang kemudiandiubahmenjadiHariPendidikan Aceh.
Hardikda, jelasnya, menjadi momentum bagikitasemuauntukmemperbaikidiri agar pendidikan di Aceh semakinmajudanberkembang.“Untukitu, marikitajadikanupacaraHardikdasebagailangkahmendorongsemangatuntuklebihbekerjakeras, sehinggakeistimewaan Aceh di bidangpendidikantidakhanya di ataskertas, tapidapatkitabuktikansecarakualitas,” ungkapnya.
Dijelaskannya, Pemerintah Aceh akanterusmeningkatkanperhatiannyauntukkemajuanpendidikan di daerahini. Setiaptahun, Pemerintah Aceh mengucurkansekitar 20% dari APBA untukurusanpendidikan, selainitu, alokasitambahandari Dana Otsusdanlainnya. Semuaanggaranitujangansampaidisia-siakan.Dikatakanjuga, Pemerintah Aceh masabakti 2017-2022 telahmenetapkanpendidikansebagaisalahsatuprioritas di Aceh untuklimatahunmendatang. Setidaknya, adaduakegiatanutamaPemerintah Aceh yang bersentuhandenganpendidikan, yaitu Aceh Carongdan Aceh Meuadab.
Aceh Carong, tambahnya, menekankankepadaprestasipendidikan Aceh di tingkatnasionaldan regional melaluiperbaikanfasilitas, kualitas guru, danpeningkatan system. Aceh Meuadablebihkepadaupayamengembalikankhittah Aceh sebagaiSerambiMekkahmelaluiimplementasinilai-nilaikeislamandalamkehidupansehari-hari.
MelaluiperingatanHardikda, diharapkanmenjadilangkahawalbagikitauntukberbenahgunamenjalankansemua program tersebutdandengansemangatmemperingatiHardika ke-58, di Aceh kitacanangkan “GerakanMembangunPendidikanBerkarakterIslami”, sehinggaakanmelahirkangenerasi yang mampumengembangkandanmembentukwataksertaperadabanbangsa yang bermartabatdalamrangkamencerdaskankehidupanbangsamenjadimanusia yang beriman, bertakwa, berakhlakmulia, berilmu, kreatif, danmandiri.

x

Check Also

img_0071

Buka Musrenbang RKPD, Bupati Aceh Besar Harapkan Dana Desa Diawasi Ketat

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali mengharapkan para camat agar mengawasi secara ...

img_0048

DPRD Lampung Selatan Kagumi Potensi Alam Aceh Besar

KOTA JANTHO – Pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Lampung Selatan menyatakan kagum dan takjub saat ...

Bank Indonesia Bantu Gudang Pakan Ternak di Aceh Besar

KOTA JANTHO – Bank Indonesia melalui program sosial menyerahkan bantuan gudang pakan ternak kepada Kelompok ...

IMG_20180304_211839.jpg

SDIK Nurul Quran Gelar Ajang Kreatifitas Anak

KOTA JANTHO – Sekolah Dasar Islam Karakter ( SDIK) Nurul Quran Kecamatan Ingin Jaya menggelar ...

IMG_20180304_211445.jpg

Yurlidansyah, Keuchik Meusalee Terpilih

KOTA JANTHO – Yurlidansyah, terpilih menjadi Keuchik Meusalee periode 2018-2024, setelah meraih suara terbanyak dalam ...