Home 10 BERITA 10 Pembangunan Kesehatan Harus Didukung Bersama

Pembangunan Kesehatan Harus Didukung Bersama

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos menyatakan, masalah kesehatan bersifat multi dimensi, lintas batas dan antarwilayah. Dengan demikian, tanggung jawab kesehatan adalah tanggung jawab bersama. Oleh karenanya, permasalahan kesehatan tidak dapat diselesaikan oleh Dinas Kesehatan sendiri, melainkan perlu didukung oleh peran serta berbagai pihak, baik lintas sektor, organisasi masyarakat, LSM, maupun dunia usaha.

Oleh sebab itu, peningkatan upaya kemitraan dan peran serta dalam pembangunan kesehatan perlu terus didorong, ditingkatkan dan dikembangkan, sehingga penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Aceh Besar dapat dilaksanakan secara sinergi, efektif, dan efisien.
Hal tersebut dikatakan Mukhlis Basyah ketika membuka Rapat Kerja Kesehatan Tahun 2014 di Aula Hotel Permata Hati, Kecamatan Ingin Jaya, Selasa (31/12/2014). Hadir dalam kesempatan itu, Kadis Kesehatan Aceh Besar dr Wahyu Zulfansyah MKes, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP MM, para Kepala Puskesmas se-Aceh Besar, dan PNS jajaran Dinkes Aceh Besar.

Bupati Aceh Besar mengemukakan, Raker Kesehatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam rangka melihat target dan capaian indikator program dan kegiatan yang telah dicapai di Dinas Kesehatan sesuai dengan target dalam RPJM tahun 2012–2017 Kabupaten Aceh Besar yang memasuki tahun ketiga. “Saya selaku Bupati Aceh Besar menyambut baik dan apresiasi terhadap kegiatan ini, diharapkan mampu membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan program pembagunan bidang kesehatan,” katanya.
Dikatakannya, sebuah keberhasilan bukan karena pemimmpinnya, tetapi keberhasilan tersebut adalah wujud serta komitmen bersama, “bekerja bersama demi mewujudkan yang terbaik” dan hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat.
Pada bagian lain, katanya, di tengah meningkatnya pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan dan bertambahnya jumlah dan kompetensi tenaga kesehatan di semua jenjang fasilitas pelayanan kesehatan, distribusi obat yang semakin membaik; angka Kematian Ibu (AKI) berhasil diturunkan pada tahun 2013 terjadi 7 kematian ibu, sedangkan tahun 2014; 3 kematian ibu. Saat ini Aceh Besar masih menghadapi berbagai tantangan pembangunan kesehatan, seperti tingginya angka kematian bayi di tahun 2014 yakni 106 kematian, beberapa jenis penyakit menular seperti TBC, DBD, malaria, dan filariasis masih menjadi permasalahan yang harus ditangani secara serius di tahun 2015. Khusus penyakit difteri harus menjadi perhatian khusus karena ditemukannya 1 kasus di akhir 2014 di Kecamatan Darussalam.
Di samping beberapa faktor determinan sosial yang belum bisa diselesaikan semuanya, seperti penyediaan air bersih, sanitasi rumah tangga, ketahanan pangan, pola makan dan pola konsumsi, akses informasi dan pendidikan khususnya bagi perempuan, perilaku masyarakat belum sepenuhnya mendukung upaya kesehatan. Di lain pihak angka penyakit degeratif mulai meningkat. Semua itu merupakan beban ganda dalam pembangunan kesehatan di Aceh besar.
Tahapan perencanaan tahun 2015 tingkat kabupaten sudah selesai dilaksanakan. Pada kesempatan itu, Mukhlis Basyah juga mengharapkan kepada semua Kepala Puskesmas untuk menyusun perencanaan terintergrasi sesuai tahapan manajemen Puskesmas.
Untuk itu, diharapkan kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan Raker Kesehatan tersebut agar dapat memberikan masukan-masukan dan membuat perencanaan ke depan yang tepat guna, tepat sasaran, efektif dan efisien untuk mengatasi permasalahan di bidang kesehatan yang belum tercapai tahun 2014.
Kadis Kesehatan Aceh Besar, dr Wahyu Zulfansyah MKes menjelaskan, Rapat Kerja Kesehatan tersebut dimaksudkan untuk melakukan evaluasi 2014 dan perencanaan program tahun 2015). Kegiatan itu diikuti 28 Kepala Puskesmas se-Aceh Besar dan PNS jajaran Dinas Kesehatan Aceh Besar.

x

Check Also

IMG_20180612_233746.jpg

Bupati Aceh Besar Pantau Pos Pengamanan Mudik Lebaran

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali bersama Kapolres AKBP Heru Suprihasto, Dandim ...

IMG_20180602_093622.jpg

Pemkab Aceh Besar Peringati Hari Lahir Pancasila

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 tahun ...

foto-wtp

Aceh Besar Raih WTP ke-6

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ...

IMG_20180522_070306.jpg

Bupati Mawardi Buka LBT PII Aceh Besar

JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali membuka Leadership Basic Training (LBT) Pelajar Islam ...

IMG_20180502_163945.jpg

Bangun Kota Jantho dengan Tiga Keunggulan

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menegaskan, saat ini Pemkab Aceh Besar ...