Home 10 BERITA 10 Kepala Badan Litbang Kementan Panen Raya di Kota Jantho
panen_lhoong

Kepala Badan Litbang Kementan Panen Raya di Kota Jantho

KOTA JANTHO – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Pertanian Republik Indonesia Dr Ir Muhammad Syakir MS bersama Sekdakab Aceh Besar Drs H Jailani Ahmad MM, Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman SE, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh Ir Basri A Bakar MSi, dan unsur Forkopimda melakukan panen raya padi sawah di Gampong Teurebeh, Kecamatan Kota Jantho, Jumat (11/9/2015) pagi. Hadir dalam kesempatan itu, para kelompok tani, PPL, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Sekdakab Aceh Besar Drs Jailani Ahmad MM menjelaskan, sebagai daerah yang potensial dalam pengembangan sektor pertanian, Pemkab Aceh Besar menjadikan pembangunan di sektor tersebut sebagai salah satu andalan yang diharapkan dapat terus meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakatnya. Dipilihnya Gampong Teurebeh sebagai lokasi Taman Teknologi Pertanian (TTP) oleh Kementan Republik Indonesia merupakan kebahagiaan dan peluang bagi seluruh petani untuk senantiasa meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.
Melalui panen raya di lahan seluas 400 hektar tersebut, Sekdakab Aceh Besar berharap supaya semakin memotivasi petani agar senantiasa meningkatkan produktivitas dan semangat bergiat diri, apalagi saat ini Gampong Teurebeh dipilih menjadi satu-satunya Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Provinsi Aceh. Dalam kesempatan itu, Pemkab Aceh Besar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak Kementan yang menunjuk Gampong Teurebeh sebagai kawasan TTP dan diharapkan menjadi model pengembangan keberhasilan program pembangunan pertanian bagi daerah-daerah lainnya.
Sementara itu, Kepala Badan Litbang Kementan Republik Indonesia, Dr Ir Muhammad Syakir MS menyatakan, pembangunan TTP Kota Jantho merupakan wujud dari salah satu Nawacita Presiden Jokowi. Basis pembangunan TTP bukan hanya pada peningkatan produksi dan produktivitas, tetapi juga ditujukan pada peningkatan pendapatan petani melalui hilirisasi produk melalui peningkatan nilai tambah berbasis bisnis pertanian.
Sampai tahun 2019 mendatang, menurut Muhammad Syakir, Kementan melalui Badan Litbang akan membangun 26 buah TTP dari 100 buah TTP yang dicanangkan di Bandung. Salah satunya berada di Gampong Teurebeh Kecamatan Kota Jantho. Kegiatan TTP ini ditunjuk penanggungjawabnya adalah Kepala BB BIogen dan pelaksananya adalah BPTP Aceh. Dijelaskan, Badan Litbang Pertanian akan menyediakan anggaran selama tahun berturut-turut melalui APBN. “Selanjutnya akan diserahkan kepada Pemkab Aceh Besar. Tentu saja kami sangat berharap dukungan, baik moril maupun materil dari Pemkab dan jajaran Pemerintah Aceh, sehingga kegiatan TTP di Gampong Teurebeh, Kecamatan Kota Jantho bias berkelanjutan dan dapat direplikasi ke kabupaten lain di Provinsi Aceh,” jelasnya.
Kepala BPTP Aceh, Ir Basri A Bakar MSi menambahkan, luas kawasan di Gampong Teureubeh tersebut mencapai 400 hektar dan intervensi teknologi padi sawah sebanyak 14 varietas unggul baru (VUB) Balitbang. Sedangkan pada kawasan pertanaman padi, 99% telah menggunakan sistem tanam jajar legowo dan hasil ubinan tertinggi 10 ton/hektar, dan produktivitas rata-rata petani mencapai 6 ton/hektar.

x

Check Also

IMG_20180612_233746.jpg

Bupati Aceh Besar Pantau Pos Pengamanan Mudik Lebaran

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali bersama Kapolres AKBP Heru Suprihasto, Dandim ...

IMG_20180602_093622.jpg

Pemkab Aceh Besar Peringati Hari Lahir Pancasila

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 tahun ...

foto-wtp

Aceh Besar Raih WTP ke-6

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ...

IMG_20180522_070306.jpg

Bupati Mawardi Buka LBT PII Aceh Besar

JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali membuka Leadership Basic Training (LBT) Pelajar Islam ...

IMG_20180502_163945.jpg

Bangun Kota Jantho dengan Tiga Keunggulan

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menegaskan, saat ini Pemkab Aceh Besar ...