Home 10 BERITA 10 Istri Gubernur Aceh Kunjungi Gampong Kerajinan Bordir di Aceh Besar

Istri Gubernur Aceh Kunjungi Gampong Kerajinan Bordir di Aceh Besar

KOTA JANTHO – Ketua Dekranasda Provinsi Aceh yang juga istri Gubernur Aceh, Hj Niazah A Hamid bersama Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Aceh melakukan kunjungan kerja ke gampong kerajinan tas bordir Dayah Daboh, Kecamatan Montasik, Aceh Besar, Rabu (13/5/2015) siang. Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos, Ketua I Dekranasda Aceh Besar Nyonya Hj Nazriati Syamsulrizal, sejumlah Kepala SKPA dan SKPD Aceh Besar, Kabag Humas dan Protokol Aceh Besar Muhammad Iswanto SStp MM, Muspika Montasik, para pengrajin, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Ketua I Dekranasda Aceh Besar, Hj Nazriati SSi menjelaskan, Gampong Dayah Daboh tersebut sudah ditetapkan menjadi desa kerajinan tas bordir dengan memiliki 9 kelompok serta membina 95 orang tenaga kerja. “Kami berharap, Ketua Dekranasda Provinsi Aceh akan terus membantu pembinaan demi kemajuan dan kesejahteraan para pengrajin tas bordir di Aceh Besar ini,” harap Nazriati.
Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos menambahkan, saat ini di Aceh Besar terdapat 4.584 unit usaha kecil formal dan nonformal yang bergerak dalam bidang usaha pangan, sandang, kimia, dan bahan bangunan, kerajinan dan industri logam. Sedangkan yang bergerak dalam bidang industri kerajinan bordir sebanyak 254 unit usaha yang lebih kurang mampu menyerap 1.239 tenaga kerja.
Dikatakan Mukhlis Basyah, Pemkab Aceh Besar sangat menaruh perhatian kepada usaha-usaha masyarakat yang dapat memberikan nilai tambah terhadap pendapatan masyarakat, terutama sektor kerajinan. Diharapkan agar sektor kerajinan dapat terus berjalan dan berkembang, sehingga menjadi sektor pendapatan yang diunggulkan serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak serta menjadi salah satu industri kreatif yang memang sekarang sedang digalakkan oleh pemerintah. “Pesan saya kepada Disperindagkop dan UKM Aceh Besar agar dapat lebih serius dan lebih bersemangat untuk membina Gampong Kerajinan Dayah Daboh agar para pengrajin dapat terus meningkatkan produksi dengan motif-motif terbaru serta dapat melihat kondisi pasar kekinian, sehingga bisa melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah lain yang strategis,” katanya.
Untuk menambah etos dan semangat kerja para pengrajin, jelas Mukhlis Basyah, pada tahun anggaran 2014, pihaknya telah membantu bahan dan perlengkapan kerja serta mesin bordir dan mesin jahit kepada desa binaan tersebut. Hal itu dimaksudkan untuk memompa semangat dan motivasi pengrajin untuk menghasilkan produksi dengan motif dan produk yang dikehendaki pasar.
Ketua Dekranasda Provinsi Aceh, Hj Niazah A Hamid memuji keuletan dan ketekunan para pengrajin tas bordir di Gampong Dayah Daboh Kecamatan Montasik. Bahkan, istri Gubernur Aceh itu terus memotivasi para pengrajin yang mayoritas merupakan kaum wanita untuk terus berkarya dan memberikan hasil terbaik guna meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan kelompok serta keluarga masing-masing. Kepada SKPA dan SKPD terkait diharapkan juga terus membina dan membimbing para pengrajin untuk makin mengembangkan dan memajukan usaha mereka di masa-masa mendatang. Sementara itu kabag humas dan protokol Aceh Besar Muhammad Iswanto juga menambahkan bahwa di Aceh Besar selain telah ditetapkannya gampong Dayah Daboh sebagai Gampong Kerajinan Tangan, beberapa tahun yang lalu juga telah ditetapkan Gampong Lubuk Sukun Kecamatan Ingin Jaya sebagai Gampong Wisata oleh Pemerintah Aceh dimana saat ini mulai banyak dikunjungi wisatawan manca negara dan ini harus menjadi perhatian kita semua terutama Pemerintah Aceh.

x

Check Also

20171028_103718

Pemuda Aceh Besar Harus Kreatif

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali meminta para pemuda untuk siap berkompetisi ...

img-20171101-wa0107

74 Atlet Aceh Ikut Pornas Korpri 2017 di Yogyakarta

BANDA ACEH – Sebanyak 74 atlet berbagai cabang olahraga Provinsi Aceh akan mengikuti Pekan Olahraga ...

img-20171027-wa0126

Bupati dan Wabup Aceh Besar Kunker Ke Leupung

KOTA JANTHO – Bupati Ir Mawardi Ali dan Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini ...

teureubeh

Uroe Peukan Tani di Aceh Besar Meriah

KOTA JANTHO – Ratusan petani dan masyarakat menghadiri uroe peukan tani yang berlangsung di kompleks ...

bupati-aceh-besar-tutup-karya-bakti-tni

Bupati Aceh Besar Tutup Karya Bakti TNI Jajaran Kodim 0101/BS

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menutup secara resmi Karya Bakti dijajaran ...