Home 10 Featured 10 Gue Gajah Wakili Aceh Besar Pada Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh
presentation1

Gue Gajah Wakili Aceh Besar Pada Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh

KOTA JANTHO – Tim penilai gampong (desa) dari Provinsi Aceh yang dipimpim Drs Muhammad Irvan MSi, Senin (24/4/2017) melakukan kunjungan ke Gampong Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar. Kedatangan tim provinsi tersebut, untuk menilai Gue Gajah sebagai salah satu peserta Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2017.
Tampilnya Gue Gajah untuk mengikuti lomba tingkat provinsi ini setelah sebelumnya ditetapkan sebagai juara pertama lomba gampong tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun ini.
Kedatangan ketua tim penilai provinsi beserta rombongan disambut Sekdakab Aceh Besar, Drs Iskandar MSi, Asisten I Setdakab Drs Mukhtar MSi, Staf Ahli M Ali SSos MSi, Kepala BPMG Drs Ramli Yahya, Ketua TP PKK Ny Lissiani Mukhlis, Camat Darul Imarah Hasanuddin SAg, keuchik dalam Kecamatan Darul Imarah, dan warga setempat.
Pada kesempatan itu, Ketua tim penilai gampong tingkat Provinsi Aceh Drs Muhammad Irvan MSi, mengatakan, lomba gampong dimaksudkan untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dan tingkat kepatuhan terhadap Kebijakan pemerintah dalam mewujudkan gampong unggulan serta mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat. Adapun aspek yang dinilai, sebutnya, antara lain pemerintahan gampong, kemasyarakatan dan kewilayahan serta diidentifikasi potensi-potensi produk unggulan yang dimiliki gampong tersebut. “Klarifikasi terhadap potensi maupun kondisi sesuai dengan indikator-indikator penilaaian yang telah ditentukan dengan mengacu kepada dokumen yang telah disampaikan,” ujarnya.
Dikatakan, pada penilaian tahun ini tim penilai akan mengambil 10 gampong dan nantinya akan menyeleksi hingga tersisa enam gampong terbaik di Aceh. “Setelah itu, aparat dari enam gampong dan camatnya akan diundang ke Banda Aceh untuk wawancara dan mempresentasikan kondisi gampong serta program pembangunan pada 31 Mei mendatang,” ungkapnya.
Disampaikan juga untuk menyemangati 10 juara lomba ini, Pemerintah Aceh, selain memberikan penghargaan berupa sertifikat juga diberikan dana pembinaan. Dimana untuk yang masuk 6 besar masing-masing, juara I Rp 100 juta, juara II Rp 90 juta, juara III Rp 80 juta. Harapan I, II dan III masing-masing Rp 60 juta, Rp 50 juta dan Rp 40 juta. “Sedangkan empat nominasi lainnya diberikan masing-masing Rp 25 juta dan yang juara pertama akan diikutsertakan pada lomba yang sama untuk tingkat nasional,” ungkapnya.
Setdakab Aceh Besar, Drs Iskandar MSi yang membacakan sambutan tertulis Bupati Aceh Besar yang mengapresiasi kerja keras seluruh perangkat gampobg dan masyarakat Gue Gajah yang sudah berhasil menjadi juara lomba gampong tingkat kabupaten dan berkesempatan mengikuti lomba yang sama tingkat Provinsi Aceh. “Mudah-mudahan dengan izin Allah SWT ganpong Gue Gajah bisa meneruskan gampong Blang Krueng Kecamatan Baitussalam dimana pada tahun 2016 lalu mewakili Aceh ke lomba yang sama tingkat nasional dan menjadi juara IV,” harapnya.
Keuchik Gue Gajah, Suhaimi SSos menjelaskan tentang geografis dan demografi gampong, serta berbagai lembaga penunjang kemajuan gampong di berbagai sektor seperti perdagangan, koperasi simpan-pinjam, lembaga pemuda, PKK dan pertanian yang tujuannya untuk memberi kemakmuran bagi masyarakat.
Pada kesempatan itu, tim penggerak PKK Gue Gajah juga memamerkan berbagai produk hasil kerajinan dan usaha warga seperti aneka makanan dan minuman serta barang lainnya, yang mendapat perhatian dari sejumlah pejabat Kepala SKPD jajaran Pemkab Aceh Besar dan tim penilai gampong dari provinsi.(Mariadi)

x

Check Also

img-20171118-wa0130

Bupati Aceh Besar Kunjungi Pemondokan Kafilah MTQ di Aceh Timur

ZADMIN IDI – Sebelum menghadiri acara Pembukaan MTQ Ke 33 Provinsi Aceh di Aceh Timur, ...

img-20171114-wa0106

Aceh Besar Boyong 56 Qari ke MTQ Provinsi di Aceh Timur

KOTA JANTHO  – Kabupaten Aceh Besar akan memboyong sebanyak 56 qari-qariah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil ...

img-20171027-wa0126

Bupati dan Wabup Aceh Besar Kunker Ke Leupung

KOTA JANTHO – Bupati Ir Mawardi Ali dan Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini ...

tepung-tawar-bupati-dan-wakil-bupati-aceh-besar

Ribuan Warga Hadiri Haflah Quran di Aceh Besar

KOTA JANTHO – Ribuan masyarakat Aceh Besar menghadiri Haflah Quran yang dirangkai dengan peringatan 1 ...

BUpati Aceh Besar Himbau Berhenti Kegiatan Saat Azan

Bupati Aceh Besar Himbau Stop Kegiatan saat Azan

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, meminta seluruh aktivitas perkantoran dan tempat-tempat lain di wilayah ...