Home 10 BERITA 10 Deptan Bantu Taman Teknologi Pertanian di Aceh Besar Rp 7 Milyar

Deptan Bantu Taman Teknologi Pertanian di Aceh Besar Rp 7 Milyar

Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian membantu Rp 7 Milyar untuk pembangunan Taman Teknologi Pertanian (TTP)di Gampong Teureubeh, Kota Jantho.

Peletakan batu pertama pembangunan fasilitastersebut dilakukan Bupati Besar yang diwakili Sekdakab Aceh Besar Drs H JailaniAhmad MM, Jumat (14/8/2015). Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Balai BesarPengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian DR Ir Abdul Basit MS, Kepala BPTP Aceh Ir. Basri Abubakar MSi, Pembantu Rektor I Unsyiah Dr Hizir Sofyan, dan tokoh-tokoh masyarakat. Sekdakab AcehBesar Drs H Jailani Ahmad MM menyatakan, Pemkab dan masyarakat Aceh Besarbersyukur karena kabupaten tersebut menjadi salah satu lokasi pembangunan TTPyang pada tahun 2015 jumlahnya hanya 16 lokasi se-Indonesia.

Terpilihnya AcehBesar tentunya tak sembarangan, akan tetapi dilandasi oleh dasar yang kuatseperti sumber daya alam dan SDM. Selain itu, karena beberapa bulan mendatang, Aceh Besar akan menjadi salah satu pelaksana kegiatan Pekan Pertanian Nasional(Penas) yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 5.000 orang insan pertanian dari seluruh provinsi di Indonesia. “Kita berharap, dengan adanya TTP diGampong Teureubeh, kesejahteraaan dan kemajuan sektor pertanian akan terus terdongkrak,” katanya.

Pada TTP diGampong Teureubeh, akan mencakup kawasan seluas 400 hektare dengan komoditas utama meliputi padi sawah, peternakan, dan hortikultura. Sedangkan proses bisnis adalah penyediaan benih sumber padi bersetifikat. Selain aspek teknologi, pada kawasan itu juga bakal dibangun fasilitas fisik seperti laboratorium diseminasi, screen house, gudang,agri-mart, perbaikan jaringan irigasi usahatani, jalan usahatani, dan saungtani.

Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian DR Ir Abdul Basit, MS mengemukakan, TTP merupakan suatu kawasan implementasi inovasi yang telah dikembangkan pada TSP, berskala pengembangan dan berwawasan agribisnis hulu-hilir yang bersifat spesifik lokasi dengan kegiatan meliputi penerapan teknologi pra produksi, produksi panen, pasca panen, pengolahan hasildan pemasaran, serta wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi masyarakat serta pengembangan kemitraan agribisnis dengan swasta.

Keberadaan TTPdi Gampong teureubeh merupakan wahana yang dapat digunakan untuk mempercepat arus penyampaian teknologi dari Balitbang Pertanian kepada para pengguna melalui kegiatan diseminasi dan pendampingan, sekaligus sebagai wahana bernuansa bisnis yang menghasilkan pengusaha baru (UMKM) di bidang pertaniandan bidang lain yang mendukung, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dalam kawasan tersebut.

Keuchik Gampong Teureubeh, Saidi, kepada wartawan menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertanian yang telah menetapkan gampong tersebut sebagai wilayah TTP. Diharapkan dengan adanya TTP tersebut, kesejahteraan dan kehidupan petaniakan semakin meningkat, apalagi gampong tersebut memiliki potensi sumber daya alam yang sangat menunjang untuk pengembangan sektor pertanian.

x

Check Also

IMG_20180612_233746.jpg

Bupati Aceh Besar Pantau Pos Pengamanan Mudik Lebaran

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali bersama Kapolres AKBP Heru Suprihasto, Dandim ...

IMG_20180602_093622.jpg

Pemkab Aceh Besar Peringati Hari Lahir Pancasila

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 tahun ...

foto-wtp

Aceh Besar Raih WTP ke-6

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ...

IMG_20180522_070306.jpg

Bupati Mawardi Buka LBT PII Aceh Besar

JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali membuka Leadership Basic Training (LBT) Pelajar Islam ...

IMG_20180502_163945.jpg

Bangun Kota Jantho dengan Tiga Keunggulan

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menegaskan, saat ini Pemkab Aceh Besar ...