Home 10 Berita 10 Bupati Tutup Musabaqah Qiraatul Kutub Se-Aceh Besar
BUPATI Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos menyerahkan piala kepada juara Musabaqah Qiraatul Kutub Se-Aceh Besar Tahun 2016 pada penutupan acara itu di Kompleks Dayah Darul Amal, Lubok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu (25/12/2016) malam.
BUPATI Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos menyerahkan piala kepada juara Musabaqah Qiraatul Kutub Se-Aceh Besar Tahun 2016 pada penutupan acara itu di Kompleks Dayah Darul Amal, Lubok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu (25/12/2016) malam.

Bupati Tutup Musabaqah Qiraatul Kutub Se-Aceh Besar

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos, Minggu (25/12) malam menutup Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) atau Lomba Baca Kitab Kuning se-Aceh Besar di Kompleks Dayah Darul Aman, Lubok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Pada MQK yang digagas Baitul Mal Aceh Besar diikuti 70 santri dari 31 dayah/pesantren di Aceh Besar serta berlangsung 24-25 Desember 2016, Empat Dayah berhasil memboyong juara pertama pada dua katagori yang dilombakan.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah ketika menutup MQK menegaskan perlombaan ini sangat penting untuk memberi semangat kepada para santri untuk lebih giat lagi memperdalam belajar kitab-kitab karangan para ulama terdahulu, dan ini akan menjadi aset yang sangat berharga untuk Aceh Besar sehingga nantinya Aceh Besar tidak akan kekurangan orang-orang yang alim dan akan menjadi pengganti ulama di masa yang akan datang. “Musabaqah ini tidak hanya mencari juara tapi yang terpenting harus menjadi penyebaran nilai-nilai keislaman,”katanya.

Sementara Plt Kepala Baitul Mal Aceh Besar, drh Daniwaldi, menjelaskan, peserta lomba dibagi dua katagori yaitu ‘Ulya (SMA/MA) putra/putri dan Wustha (SMP/MTs) putra/putri.

Hasil lomba sebagaimana diumumkan oleh Ketua Dewan Hakim MQK, Tgk H Muhammad Hatta Lc MEd, ditetapkan peserta terbaik I, II, III, harapan I, II dan III katagori ‘Ulya putra masing-masing Ubaidillah dari Dayah Mahyal Ulum Al Aziziyah, Kecamatan Sukamakmur, M Fadhal Maula (Dayah Madani Al Aziziyah, Darul Imarah), Rizki Hardiansyah (Dayah Ulee Titi, Ingin Jaya), Khairunnas (Dayah Nida’ul Fata, Kuta Baro), Fadlon (Dayah Nurul Huda, Ingin Jaya) dan Rahmad Fidral dari Dayah Thalibul Huda, Darul Imarah.

Katagori ‘Ulya putri masing-masing Rosmanidar dari Dayah Tgk Chik Empee Awee, Kecamatan Montasik, Ninda Maulina (Dayah Thalibul Huda, Darul Imarah), Mutmainnah (Dayah Riadussalihin, Ingin Jaya), Safrina (Dayah Mahyal Ulum Al Aziziyah, Sukamakmur), Reni Muliana (Dayah Ma’had Babul Ulum Lueng Ie, Krueng Barona Jaya) dan Maryam Al Muthirah dari Dayah Ummahatul Mukminin, Montasik.

Sedangkan peserta terbaik I, II, III, harapan I, II dan III untuk katagori Wustha putra masing-masing M Siddiq dari Dayah Ulee Titi, Ingin Jaya, Marzanul Hayat (Dayah Darul Ihsan Krueng Kalee, Darusalam), Abussalam Revoansyah (Dayah Mahyal Ulum Al Aziziyah, Sukamakmur), M Zubair (Dayah Nida’ul Fata, Kuta Baro), Rajulul Zikra (Dayah Sirajul Fatah, Kuta Baro) dan Rahmat Khalisin dari Dayah Madani Al Aziziyah, Darul Imarah.

Katagori Wustha putri diantaranya Nurul Musfirah dari Dayah Thalibul Huda, Darul Imarah), Fitri Haryani (Dayah Ummahatul Mukminin, Montasik), Intan Nurrahmi (Dayah Riadussalihin, Ingin Jaya), Nora Ulva (Dayah Latansa Zikrullah, Montasik), Fadhillaturrahmi (Dayah Ma’had Babul Ulum Lueng Ie, Krueng Barona Jaya) dan Evarianti dari Dayah Darul Aman Kecamatan Ingin Jaya.

Untuk memotivasi para pemenang MQK kali ini, pihaknya sebut Daniwaldi memberikan hadiah berupa piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan untuk juara I, II, III masing-masing Rp 3 juta, Rp 2,5 juta, dan Rp 2 juta. Sedangkan terbaik harapan I, II dan III yakni Rp. 1,5 juta, Rp 1 juta dan Rp 750 ribu. Penyerahan hadiah kepada para juara dilakukan Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah dan Ketua MPU Aceh Besar Tgk Muhammad MJ pada penutupan acara itu. Pada kesempatan itu Baitul Mal juga memberikan bantuan modal usaha pemberdayaan ekonomi kepada sejumlah dayah/pesantren dan para pedagang kecil di Aceh Besar yang diserahkan secara simbolis Bupati Aceh Besar.

Daniwaldi pada kesempata itu mengatakan, MQK terlaksana dengan baik berkat dukungan MPU Aceh Besar, Dayah Darul Aman Lubok dan warga sekitarnya. “Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan tersebut, sehingga acara ini berlangsung sukses,” katanya.

x

Check Also

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh dan TP-PKK Aceh, Darwati A Gani melantik ketua Dekranasda dan TP-PKK Aceh Besar

Rahmah Mawardi Pimpin Dekranasda dan PKK Aceh Besar

Kota Jantho – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh dan TP-PKK Aceh, Darwati A Gani ...

whatsapp-image-2017-07-05-at-19-00-59

Pelantikan Bupati Aceh Besar Periode 2017-2022

KOTA JANTHO – Gubernur Aceh, Drh H Irwandi Yusuf MSc melantik Ir Mawardi Ali dan ...

img_0080

Bupati Aceh Besar Pimpin Apel Usai Idul Fitri

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos menjadi pembina apel gabungan usai lebaran ...

bawang1

20 Ton Bawang Sitaan Bea dan Cukai Dihibah untuk Warga Miskin Aceh Besar

       Sebanyak 20 ton bawang merah jenis bombay dan bawang putih hasil sitaan Bea dan ...

kemendes-2017

Kemendesa Sosialisasi Aturan Penggunaan Dana Desa di Aceh Besar

KOTA JANTHO – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah ...