Home 10 BERITA 10 Bupati Aceh Besar Lantik 87 Keuchik
pelatikan-keuchik-aceh-besar

Bupati Aceh Besar Lantik 87 Keuchik

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali melantik 87 keuchik dari sejumlah kecamatan di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (18/12/2017). Hadir dalam kesempatan tersebut, Forkopimda, para Kepala SKPK, para camat, imuem mukim, dan 3.500 tokoh masyarakat se-Aceh Besar.

pelatikan-kepala-desa-aceh-besarAtas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, Mawardi Ali mengucapkan selamat atas pelantikan keuchik gampong secara serentak di Kabupaten Aceh Besar. “Semoga dapat menjalankan amanah yang telah diberikan ini dengan sebaik-baiknya. Layani warga secara baik untuk kemajuan gampong ,” katanya.

Menurut Bupati Aceh Besar, pelantikan keuchik tersebut merupakan momentum bersejarah bagi Aceh Besar mengingat pelantikan keuchik serentak ini pertama sekali dilakukan oleh Kabupaten Aceh Besar. “Selaku Bupati Aceh Besar, saya mengajak seluruh keuchik yang baru saja dilantik agar bekerja secara baik, sungguh-sungguh, dan amanah dalam mengemban tugas mulia membangun Kabupaten Aceh Besar ini. Kepada seluruh keuchik diharapkan untuk berikan dan fungsikan aparatur pemerintahan gampong sesuai tupoksinya,” ucap Mawardi Ali.

Pada bagian lain, Mawardi Ali mengharapkan kepada para keuchik agar meningkatkan pelaksanaan syariat Islam di gampong-gampong sesuai intruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2017. Terkait penegakan syariat Islam secara kaffah di Kabupaten Aceh Besar khususnya, diharapkan kepada seluruh keuchik untuk menjalankan intruksi Bupati Tentang pelaksanaan shalat fardhu secara berjamaah di masjid atau meunasah dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar. Untuk itu, tugas masing-masing keuchik di setiap gampong untuk mengimbau masyarakat menghentikan segala kegiatan atau aktifitas setiap azan berkumandang dan selanjutnya menuju ke masjid dan meunasah untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Kepada keuchik, diharapkan dapat melaksanakan tugas secara baik dan serius, sehingga amanah yang dipercayakan kepada kita semua dapat bermanfaat bagi kelanjutan pembangunan daerah yang berawal dari pembangunan gampong yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Besar maupun kesejahteraan masyarakat.

Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 26 (1), katanya, Kepala Desa bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa. Melaksanakan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. Dalam hal ini perlu juga disampaikan kepada para keuchik bahwa Aceh mempunyai wewenang membentuk imeum mukim. Oleh karena itu, Kabupaten Aceh Besar telah membentuk imeum mukim di setiap mukim dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh, Mukim diartikan sebagai kesatuan masyarakat hukum dibawah kecamatan yang terdiri atas hubungan beberapa gampong yang mempunyai batas wilayah tertentu yang dipimpin oleh imeum mukim atau nama lain dan berkedudukan langsung di bawah camat. Oleh karena itu, dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di gampong diharuskan melibatkan para imeum mukim setempat. Karena peran imeum mukim dalam setiap hal yang dilakukan oleh keuchik gampong di semua bidang. “Marilah kita bersama-sama menyadari bahwa jabatan merupakan amanah yang nantinya akan kita pertanggungjawabkan, baik kepada pemerintah, kepada masyarakat, dan kepada Allah SWT. Saya berkeyakinan, insya Allah, dengan bekerja keras dan selalu mengharapkan petunjuk Allah SWT, tugas mulia ini akan terwujud demi kemajuan gampong, bangsa, dan daerah,” ujarnya.

x

Check Also

IMG_20180207_215413.jpg

Bupati dan Wabup Aceh Besar Hadiri Maulid Akbar serta Dipeusijuek  Masyarakat Peukan Bada

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan Wakil Bupati Aceh Besar Tgk ...

IMG_20180207_204807.jpg

Bupati dan Wabup Aceh Besar Tinjau Embung Lambadeuk Peukan Bada

JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan Wakil Bupati Aceh Tgk H Husaini ...

IMG_20180207_204518.jpg

Bupati Aceh Besar Resmikan Program Bina Lingkungan Angkasa Pura II SIM

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali didampingi General Manager PT Angkasa Pura ...

img_33091180994695.jpg

Aceh Besar Kembangkan Jagung Seluas 2700 hektare

KOTA JANTHO – Mengingat komoditi jagung memiliki prospek yang sangat bagus untuk pemberdayaan ekonomi petani, ...

img_3228

Bupati Aceh Besar Launching Penyaluran Bansos Rastra

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali melakukan launching (peluncuran) perdana bantuan sosial ...