Home 10 BERITA 10 BNPB Tinjau Lokasi Bencana Aceh Besar
Tim Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) dipimpin Dra Andi Eviana MSi didampingi Kepala BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi, meninjau lokasi bencana di Komplek Perumahan Ujong Batee Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar, Selasa (10/1/2017).
Tim Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) dipimpin Dra Andi Eviana MSi didampingi Kepala BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi, meninjau lokasi bencana di Komplek Perumahan Ujong Batee Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar, Selasa (10/1/2017).

BNPB Tinjau Lokasi Bencana Aceh Besar

KOTA JANTHO – Tim Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) meninjau lokasi bencana di Komplek Perumahan Ujong Batee pasca terjadi banjir bandang beberapa waktu lalu di kawasan Kecamatan Mesjid Raya Aceh Besar. Tim yang dipimpin Dra Andi Eviana MSi Kasubdit Penempatan Direktorat Penanganan Pengungsi Kedeputian Penanganan Darurat BNPB RI turut didampingi Kepala BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi, Selasa (10/1/2017). Pada saat peninjauan tim BNPB selain meninjau lokasi kerusakan akibat banjir bandang itu, tim juga bertemu dengan masyarakat serta sekaligus mendapatkan informasi langsung dari para korban bencana.
Kepala BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi, kepada Serambi, kemarin, mengatakan usai meninjau lokasi bencana tim dari BNPB juga melakukan rapat penanganan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar yang dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan DR Samsul Bahri MSi, Kepala Dinas Pengairan Ir Azwar Asyek MM, Kabag  Humas dan Protokol Muhammad Basir SSTP MSi dan beberapa staf dari SKPD terkait lainnya di Aula BPDB Aceh Besar di Kota Jantho. “Dalam rapat tersebut tim BNPB menugaskan kepada BPBD Aceh Besar agar dapat segera menghimpun data yang akurat terhadap kerusakan infrastruktur fasilitas umum, korban jiwa dan dampak serta jumlah kerusakan sarana dan kerugian yang di timbulkan,”katanya.
Ketua Tim BNPB Dra Andi Eviana MSi, pada kesempatan itu menegaskan bahwa laporan kejadian bencana harus segera dibuat oleh Pemkab Aceh Besar sehingga BNPB dapat melaporkan data yang akurat kepada pimpinan BNPB untuk dapat di tindak lanjutin sehingga akan dapat diambil kesimpulan penangganan. “Menyangkut penangganan awal ini menjadi tanggung jawab penuh pada Pemkab Aceh Besar namun sejauh mana anggaran yang mampu dikerjakan oleh Pemerintah Daerah sehingga kekurangannya akan dapat kami bantu melalui dana siap pakai dan nantinya harus tepat sasaran agar dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tegasnya.
Begitu juga, Eviana menyarankan agar Pemerintah Daerah juga harus menyediakan anggaran belanja tidak terduga untuk mengantisipasi manakali bencana terjadi apalagi Kabaupaten Aceh Besar termasuk salah satu daerah rawan bencana di Provinsi Aceh.
Ridwan Jamil menambahkan, bahwa informasikan dari realise BMKG yang didapatkan  wilayah Aceh Besar sampai akhir Februari ini curah hujan masih bisa terjadi dengan intensitas sedang-tinggi disebagian wilayah Aceh Besar. “Kami bersama tim dari BNPB RI telah melakukan tinjauan ke lokasi banjir bandang dan dari hasil rapat koordinasi  bersama BNPB RI akan segera persiapkan langkah2 penanganan selanjutnya mulai dari data laporan kejadian bencana yang nantinya akan kami kirimkan kepada Kepala BNPB Pusat di Jakarta,” ujarnya.
x

Check Also

Bupati Aceh Besar Ajak Nelayan Pertahankan Tradisi “khanduri laot”

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali mengajak para nelayan untuk terus mempertahankan ...

Bupati Aceh Besar Serahkan Bantuan Masa Panik Kebakaran Dayah Baitul Mu’arif Leupung

JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, menyerahkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran ...

img_0071

Buka Musrenbang RKPD, Bupati Aceh Besar Harapkan Dana Desa Diawasi Ketat

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali mengharapkan para camat agar mengawasi secara ...

img_0048

DPRD Lampung Selatan Kagumi Potensi Alam Aceh Besar

KOTA JANTHO – Pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Lampung Selatan menyatakan kagum dan takjub saat ...

Bank Indonesia Bantu Gudang Pakan Ternak di Aceh Besar

KOTA JANTHO – Bank Indonesia melalui program sosial menyerahkan bantuan gudang pakan ternak kepada Kelompok ...