Home 10 Berita 10 Baitul Mal Aceh Besar Salurkan Zakat Fakir Rp 1,2 Milyar
baitulmal aceh besar

Baitul Mal Aceh Besar Salurkan Zakat Fakir Rp 1,2 Milyar

 Wakil Bupati Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes, menyerahkan penyaluran zakat senif miskin tahun 2015 di Masjid Baitul Makmur Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, Selasa (30/6).


Bantuan langsung tunai (BLT) Baitul Mal Aceh Besar yang diserahkan secara simbolis itu untuk tahun ini diterima oleh 6.040 fakir miskin di 16 kecamatan dari 23 kecamatan di Aceh Besar dengan jumlah total mencapai Rp 1,2 Milyar. Sedangkan 7 kecamatan lainnya tahun ini disalurkan Baitul Mal Provinsi Aceh.

Wakil Bupati Syamsulrizal pada kesempatan itu mengajak seluruh komponen masyarakat, terutama orang kaya agar lebih peduli terhadap nasib kaum fakir, miskin, dan anak yatim. Dengan mengeluarkan zakat melalui Baitul Mal, maka ke depan diharapkan masyarakat yang berhak menerima zakat akan lebih merasakan manfaatnya, apalagi seperti saat ini menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri. 
“Dari jumlah total penerimaan zakat merupakan hasil penghimpunan dari beberapa sumber yang didominasi oleh zakat dari gaji PNS dijajaran Pemkab Aceh Besar, dan sebagian kecil dari zakat pedagang dan infaq,” ungkap Syamsulrizal.


Wabup Aceh Besar, mengharapkan kepada mustahik (penerima zakat), diharapkan bisa menggunakan zakat yang disalurkan tersebut secara baik. 
Di samping itu, atas dukungan semua pihak selama ini kepada Baitul Mal, disampaikan apresiasi setinggi-tingginya, sehingga kontribusi Baitul Mal di tengah-tengah masyarakat dapat selalu eksis dan berkelanjutan. “Kita selalu mengajak para dermawan dan orang kaya, serta para muzakki (pembayar zakat) agar senantiasa menyalurkan zakat mereka melalui lembaga Baitul Mal,” tambah Syamsulrizal.

Dikatakannya, Pemkab Aceh Besar terus berkomitmen untuk  membantu fakir misikin, dhuafa, fakir uzur, orang jompo, dan beberapa program lainnya untuk mendukung terwujudnya masyarakat madani, taat, dan patuh dalam menjalankan amal ibadah.  “Kita berharap, semoga penyaluran zakat yang dilakukan Baitul Mal Aceh Besar ini bermanfaat bagi para mustahik/penerima zakat,” harap Wabup Aceh Besar.

Kepala Baitul Mal Aceh Besar, DR Jasafat MA menjelaskan, penyaluran zakat untuk senif miskin BLT Baitul Mal Aceh Besar tahun 2015 direncanakan berlangsung selama tiga hari sejak 30 Juni – 2 Juli 2015. Pada Rabu (1/7), dipusatkan di Masjid Kajhu Kecamatan Baitussalam juga bersama Wakil Bupati Syamsulrizal.
Selanjutnya, Sekdakab Aceh Besar Drs H Jailani Ahmad MM dijadwalkan menyalurkan zakat senif miskin di Masjid Agung Al Munwarrah Kota Jantho, Kamis (2/7).

DR Jasafat yang juga doktoral jebolan UKM Malaysia ini menambahkan, zakat sangat membantu seluruh elemen masyarakat miskin, pembangunan daerah, dan ikut andil dalam pengembangan masyarakat madani sesuai dengan petunjuk-petunjuk dalam Al-Qur’an dan Hadist untuk terus berusaha agar masyarakat sadar akan pentingnya zakat dan membantu orang lain. “Program penyaluran zakat ini searah dengan program Pemkab Aceh Besar dalam upaya pengentasan kemiskinan,”kata Jasafat yang juga Dosen Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini.  

Disisi lain, Kepala Baitul Mal Aceh Besar, merincikan untuk tahun ini, pihaknya juga menyalurkan bantuan lain seperti fakir uzur sebanyak 400 orang masing-masing mendapat Rp 3,6 juta/tahun yang diberikan perenam bulan sebesar Rp 1,8 juta. Untuk fakir rutin sebanyak 604 orang masing-masing mendapat Rp 2,4 juta diberikan perenam bulan Rp 1,2 juta. Rekontruksi rumah tidak layak huni sebanyak 45 unit dengan nilai Rp 66,5 juta/unit, program santri kurang mampu dengan total Rp 50 juta dan santri Tahfidz Al qur an sebanyak 67 santri dengan anggaran Rp 864 juta. “Para santri dikirim ke Ma’had Yala Thailand, Tembora Jawa Timur, Jakarta Selatan, dan Ma”had Al-athiyah Lembah Seulawah, serta program unggulan lainnya yang akan disalurkan dari total penerimaan zakat Rp 12,224 miliar,” demikian Jasafat.(Mariadi)

x

Check Also

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh dan TP-PKK Aceh, Darwati A Gani melantik ketua Dekranasda dan TP-PKK Aceh Besar

Rahmah Mawardi Pimpin Dekranasda dan PKK Aceh Besar

Kota Jantho – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh dan TP-PKK Aceh, Darwati A Gani ...

whatsapp-image-2017-07-05-at-19-00-59

Pelantikan Bupati Aceh Besar Periode 2017-2022

KOTA JANTHO – Gubernur Aceh, Drh H Irwandi Yusuf MSc melantik Ir Mawardi Ali dan ...

img_0080

Bupati Aceh Besar Pimpin Apel Usai Idul Fitri

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos menjadi pembina apel gabungan usai lebaran ...

bawang1

20 Ton Bawang Sitaan Bea dan Cukai Dihibah untuk Warga Miskin Aceh Besar

       Sebanyak 20 ton bawang merah jenis bombay dan bawang putih hasil sitaan Bea dan ...

kemendes-2017

Kemendesa Sosialisasi Aturan Penggunaan Dana Desa di Aceh Besar

KOTA JANTHO – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah ...