Home 10 INFO PUBLIK 10 Aceh Besar Tuntaskan Tujuh Prioritas Pembangunan
musrenbang-2

Aceh Besar Tuntaskan Tujuh Prioritas Pembangunan

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos menyatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terus berupaya membangun infrastruktur di segala sektor termasuk sektor kesehatan dan pendidikan. Di samping itu, sektor pertanian jugamerupakan bagian penting dari pertumbuhan ekonomi masyarakat, pelayanan kesehatan terus kita tingkatkan, mutu dan kualitas pendidikan juga ditingkatkan, sertapenambahan  saluran irigasi dan embung di setiap kecamatan dalam wilayah  Kabupaten Aceh Besar.
Hal itu dikatakan Mukhlis Basyah ketika membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018 di Gedung DPRK Aceh Besar, Kamis (23/3/2017). Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPD RI H Ghazali Abbas Adan, Forkopimda Aceh Besar, pimpinan dan anggota DPRK Aceh Besar, Kepala Bappeda Provinsi Aceh yang diwakili Aswar MAP, Direktur Perencanaan Pembangunan BPKS Ir M Riza Feisal, para Kepala SKPK, camat, para keuchik, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, sambung Mukhlis Basyah, tahun 2018 akan menuntaskan tujuh prioritas penting dalam pembangunan yaitu pembangunan di sektor pertanian, pembangunan infrastruktur yang berintegrasi, pembangunan di sektor kesehatan, pembangunan  di sektor pendidikan, Pelaksanaan dan penegakan syariat Islam, pemanfaatan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan dan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Oleh sebab itu kepada seluruh SKPD supaya dapat mengevaluasi secara menyeluruh program kerja dalam empat tahun terakhir, karena SKPD merupakan pelaksana seluruh visi dan misi kepala daerah yang telah dijabarkan dalam RPJMD, tahapan Musrenbang sudah dan sedang kita laksanakan termasuk penyampaian pokok-pokok pikiran anggota DPRK Kabupaten Aceh Besar dan Forum SKPD. Ini semuanya merupakan tahapan dan  tata cara bagaimana melahirkanproses rencana Kerja Pemerintah   Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Besar tahun 2018,” ujarnya.
Tentunya dengan Musrenbang, dapat mensinergikan pembangunan antara  Pemerintah Pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam percepatan pembangunan nasional, sehingga arah kebijakan pemerintah dapat dicapai sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Aceh Besar. Musrenbang tahun 2017 merupakan Musrenbang terakhir dalam kepemimpinan  kami dengan masa bakti 2012-2017, dimana harapan kami dalam tahun terakhir ini dapat menuntaskan seluruh visi dan misi  yang telah tertuang dalam RPJP  Kabupaten Aceh Besar,” ungkap Mukhlis Basyah.
Berkaitan pembangunan gampong, jelas Bupati Aceh Besar, alokasi  dana desa terus meningkat dari tahun ke tahun ditambah dengan alokasi dana sharing kabupaten sebesar 10% dari, tahun 2017 besaran alokasi dana desa per gampong sebesar lebih kurang Rp. 720 juta ditambah ADG Kabupaten 10%.  Untuk itu, pemerintah berharap penggunaan dana desa dapat diperuntukkan sesuai ketentuan yang berlaku,  mengingat hampir 70% masyarakat Kabupaten Aceh Besar bergantung hidupnya di sektor pertanian, maka diusahakan penggunaan dana desa lebih cenderung dalam pemberdayaan ekonomi di sektor pertanian, dan harapan pemerintah ke depan satu desa melahirkan satu produk unggulan.
Melalui Musrenbang, diharapkan tidak ada program dan kegiatan yang tumpang tindih, baik antar SKPD maupun instansi lain yang mempunyai otoritas dalam pembangunan demi percepatan pembangunan Kabupaten Aceh Besar termasuk penggunaan dana CSR dari industri yang beroperasi di Kabupaten Aceh Besar. Pemerintah  berharap  peran aktif semua pihak baik masyarakat, SKPD, LSM, tokoh masyarakat dan juga  anggota DPRK, sehingga melahirkan program-program yang dapat mendongkrak perekonomian  dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan  sekaligus  menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran. (HP.abes)
x

Check Also

Gani dan RM Asy Syuhada Juara Pawai Takbir Aceh Besar

KOTA JANTHO – Tim Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya dan Tim remaja masjid Asy Syuhada ...

foto-wtp

Aceh Besar Raih WTP ke-6

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ...

300 Personil Satpol PP dan WH Aceh Besar Ikuti Diksar

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali membuka pelaksanaan Pendidikan Dasar (Diksar) anggota ...

Bupati Aceh Besar Ajak Nelayan Pertahankan Tradisi “khanduri laot”

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali mengajak para nelayan untuk terus mempertahankan ...

Bupati Aceh Besar Serahkan Bantuan Masa Panik Kebakaran Dayah Baitul Mu’arif Leupung

JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, menyerahkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran ...