Home 10 BERITA 10 Aceh Besar Raih WTP Ke-3
wtp aceh besar

Aceh Besar Raih WTP Ke-3

BANDA ACEH – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Aceh, Senin(25/5/2015) sore menyerahkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar berdasarkan hasil pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Aceh Besar Tahun 2014.

Predikat WTP atau unqualified opini untuk ketiga kalinya kepada Pemkab Aceh Besar tersebut diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh H Maman Abdulrachman SE MM kepada Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh, di Banda Aceh.

Selain dihadiri pejabat dilingkungan BPK RI, juga turut hadiri Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman SE dan unsur pejabat Pemkab Aceh Besar di antaranya para staf ahli dan asisten, Kepala DPKKD Aceh Besar Drs Iskandar MSi, Sekwan DPRK Jamaluddin SSos, Inspektur Drs Marhaban, serta Kabag Humas dan Protokol Muhammad Iswanto SSTP MM dan Kabag Hukum Jony Marwan SH MSi MH.

Dalam sambutannya, Maman Abdulrachman berharap agar Pemkab Aceh Besar dapat terus mempertahankan predikat WTP yang telah berhasil diraih selama tiga tahun berturut-turut yaitu pada 2013, 2014 dan 2015. BPK menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Aceh Besar dikarenakan telah menyerahkan LKPD tahun 2014 sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan sebagai implementasi dari tiga paket undang-undang tentang keuangan negara.
Menurut Maman, keberhasilan yang dilakukan BPK tidak semata-mata dilihat dari banyaknya temuan, tetapi juga bagaimana BPK dapat mendorong agar tata kelola keuangan yang lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas pertanggungjawaban keuangan daerah. “BPK berharap Pemkab Aceh Besar segera menyusun dan melaksanakan beberapa langka stategis yang dituangkan dalam rencana aksi,”pungkas Maman.

Pada kesempatan itu, Kepala BPK RI Perwakilan Aceh meminta kepada Pemkab Aceh Besar agar dapat menindaklanjuti beberapa kelemahan temuan selama dilakukan pemeriksaan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh. Untuk itu, kata Maman, pihaknya memberi waktu selama 60 hari seusai penyerahan LHP kepada Pemkab Aceh Besar agar menindaklanjuti hal tersebut. “Aceh Besar kabupaten yang ke 11 di Aceh yang menerima hasil penilaian dari BPK RI Perwakilan Provinsi,” ungkap Maman Abdulrachman.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos bersama jajarannya bertekad segera menindaklanjuti temuan dari pihak BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh. Predikat WTP yang berhasil diraih untuk ketiga kalinya pada masa kepemimpinan Bupati Mukhlis Basyah SSos dan Wakil Bupati Drs Syamsulrizal MKes merupakan hasil kerja keras Sekdakab Drs Jailani Ahmad beserta seluruh jajaran SKPD serta dukungan dan doa dari seluruh elemen masyarakat dalam mendukung setiap gerak dan langkah pembangunan yang dijalankan Pemkab Aceh Besar.

Demikian juga kerjasama yang baik selama ini dengan pihak legislatif (DPRK) akan sangat berguna untuk sama-sama menciptakan tata kelola pemerintahan, termasuk dalam hal tata kelola keuangan yang lebih baik, sehigga hari tahun ini Aceh Besar kembali meraih WTP.

Begitupun, Bupati Mukhlis menyatakan laporan keuangan ini telah sesuai dengan standar kualitas yang ditentukan berdasarkan standar akuntansi Pemerintah dan Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern dan objektif. “Besar harapan hasil audit Laporan keuangan Pemkab Aceh Besar Tahun Anggaran 2015 dapat meraih kembali predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP, bahkan bisa terus dapat setiap tahunnya ,” tandasnya.

Bupati Mukhlis Basyah atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Aceh Besar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPK RI, khususnya BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh yang selama ini mendorong dan selalu memberikan bimbingan serta d kepada Pemkab Aceh Besar dalam hal pengelolaan keuangan negara yang makin baik, sehingga mampu mendapat WTP untuk ketigakalinya “Kami siap membuka diri terhadap berbagai masukan dan saran demi untuk perbaikan dan pembenahan bagi pengelolaan keuangan sehingga akan terwujud tata kelola pemerintahan di Aceh Besar yang lebih baik. Semoga pada tahun-tahun mendatang prestasi ini dapat terus kita pertahankan,” kata Mukhlis Basyah.

Sementara Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman SE mengatakan predikat opini WTP yang diraih Aceh Besar pada tiga tahun berturut-turut ini merupakan prestasi gemilang yang hendaknya dapat terus memotivasi semua komponen masyarakat supaya semakin maksimal dalam mendukung pembangunan daerah, termasuk dengan menerapkan tata kelola pemerintahan dan tata kelola keuangan sesuai dengan aturan yang ada. Hal tersebut juga termasuk kerja sama yang baik antara pemerinta daerah dan DPRK, sehingga cepat dan tepat waktu pengesahan anggaran.
Diharapkan, dukungan positif yang telah terjalin selama ini antarsemua komponen masyarakat bakal dapat terus ditingkatkan. “DPRK juga akan menindak lanjuti LHP BPK RI, dan harapan kami WTP bisa terus dipertahankan lagi di tahun-tahun berikutnya,” demikian Sulaiman.

x

Check Also

IMG_20180612_233746.jpg

Bupati Aceh Besar Pantau Pos Pengamanan Mudik Lebaran

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali bersama Kapolres AKBP Heru Suprihasto, Dandim ...

IMG_20180602_093622.jpg

Pemkab Aceh Besar Peringati Hari Lahir Pancasila

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 tahun ...

foto-wtp

Aceh Besar Raih WTP ke-6

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ...

IMG_20180522_070306.jpg

Bupati Mawardi Buka LBT PII Aceh Besar

JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali membuka Leadership Basic Training (LBT) Pelajar Islam ...

IMG_20180502_163945.jpg

Bangun Kota Jantho dengan Tiga Keunggulan

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menegaskan, saat ini Pemkab Aceh Besar ...