Home 10 BERITA 10 Aceh Besar Raih Anugerah Dana Rakca
img-20161208-wa0040

Aceh Besar Raih Anugerah Dana Rakca

BANDA ACEH – Kabupaten Aceh Besar bersama 6 Provinsi dan 30 Kota/Kabupaten lainnya  seluruh indonesia menerima anugerah Dana Rakca dari pemerintah pusat yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada 10 daerah, Rabu (7/12/2016) di Istana Negara. Sementara lainnya diserahkan Menko Ekuin Darmin Nasution dan Menteri Keuangan RI.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos didampingi Plt Sekdakab Drs Iskandar MSi, serta Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhammad Basir SSTP MSi, kepada wartawan, Kamis (8/12/2016) mengatakan anugerah Dana Rakca merupakan penghargaan bagi provinsi atau kota/kabupaten yang berkinerja baik dalam pemanfaatan Dana Insentif Daerah.

Penghargaan itu diberikan Pemerintah RI kepada Kabupaten Aceh Besar dan juga provinsi serta kota/kabupaten lain, menerima anugerah tersebut karena beberapa indikator.
Diantaranya berprestasi dalam pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik, ekonomi dan kesejahteraan dengan pengelolaan sistem keuangan daerah, serta Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Kemudian dengan LKPD tersebut, dan prestasi opini WTP dari BPK serta ketepatan waktu penetapan APBK,, peningkatan PAD, peningkatan PDRB, penurunan angka pengangguran dan angka kemiskinan.  Untuk indikator lainya yakni kinerja bidang pendidikan, kesehatan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Mukhlis Basyah mengaku bersyukur atas penghargaan yang diterima, sehingga dengan anugerah Dana Rakca, Pemerintah RI juga memberikan alokasi Dana Insentif Daerah (DID) tahun 2017, sebesar Rp 54 milyar, sementara tahun sebelumnya sebesar Rp 39 milyar.

“Alhamdulillah, dengan doa dan dukungan oleh seluruh masyarakat serta kerja keras jajaran aparatur pemerintahan Kabupaten Aceh Besar memperoleh penghargaan Anugerah Dana Rakca dari pemerintah pusat dan dana tersebut akan digunakan untuk kemajuan pembangunan Aceh Besar,”pungkasnya.

Aduen Mukhlis sapaan akrab Bupati Aceh Besar menyatakan penghargaan ini tidak akan membuat jajaran Pemkab puas, karena masih banyak sektor pelayanan publik lain yang akan semakin  terus diperbaiki demi kemajuan pembangunan Aceh Besar.

Dia berharap, prestasi itu dapat dipertahankan dan meminta kepada seluruh SKPK untuk tetap seleksi dan mengawasi serta mengontrol dengan ketat sistem keuangan. Sehingga, tidak ada celah untuk potensi cacat. “Semoga dengan kerja keras kita semua berharap, prestasi tersebut kembali diraih kabupaten Aceh Besar pada tahun-tahun mendatang,” demikian Bupati Aceh Besar.

x

Check Also

pelatikan-keuchik-aceh-besar

Bupati Aceh Besar Lantik 87 Keuchik

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali melantik 87 keuchik dari sejumlah kecamatan ...

20171214_101802

Dinkes Aceh Besar Launching Klinik Konsultasi PIS-PK

JANTHO – Bupati Aceh Besar yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Besar Drs ...

img_1518

Bupati Aceh Besar Terima DIPA 2018

KOTA JANTHO – Gubernur  Aceh, drh Irwandi Yusuf MSc menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) ...

mukim-aceh-besar

Bupati Aceh Besar Buka Pelatihan Penguatan Kelembagaan Mukim

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali membuka pelatihan penguatan kelembagaan mukim dalam ...

dekranas-aceh-besar

Dekranas Aceh Besar Juara Produk Kerajinan Inovatif tingkat Provinsi

BANDA ACEH – Tim Dekranasda Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih juara pertama lomba penilaian produk ...