Home 10 INFO PUBLIK 10 Aceh Besar Gelar Rakor Program Keluarga Harapan

Aceh Besar Gelar Rakor Program Keluarga Harapan

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinsosnakertrans menggelar rapat koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Aula Aceh Training Center (ATC) Kecamatan Ingin Jaya, Rabu (14/12/2016). Kegiatan yang diikuti 100 peserta itu dibuka oleh Bupati Aceh Besar yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr Samsul Bahri MSi.
Panitia pelaksana, Rizal Jihad SH melaporkan, peserta rakor berasal dari unsur kecamatan, pendamping dan operator PKH, puskesmas, dan SKPK terkait. “Diharapkan kegiatan ini dapat menghasilkan kesepakatan yang akan memperkuat proses pelaksanaan kegiatan PKH ke depan,” jelasnya.
Dijelaskannya, penyelenggaran rakor sosialisasi PKH merupakan bagian dari pelaksanaan program PKH yang telah dilaksanakan sejak 2012. Rakor itu bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan mengembangkan dukungan komitmen penyedia layanan dalam penyelenggaraan PKH di lapangan serta mengidentifikasi potensi masalah dalam pelaksanaan PKH serta merumuskan solusinya.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Besar, Dr Samsul Bahri MSi menyatakan, PKH diarahkan dengan tujuan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi.
Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, katanya, sangat mengapresiasi program pemerintah melalui Kementerian Sosial tentang Program Keluarga Harapan (PKH), karena program ini sangat membantu Pemerintah Daerah, khususnya Kabupaten Aceh Besar dalam upaya memperkecil tingkat kehidupan masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan.
Dia menambahkan, Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Aceh yang mulai melaksanakan Program Keluarga Harapan sejak tahun 2012 dimana pada saat itu PKH diimplementasikan di 13 kecamatan. Kemudian pada 2014 ditambah dengan 7 kecamatan. Kemudian di akhir tahun 2015 ditambah lagi dengan 3 kecamatan, sehingga pada tahun 2016, pelaksanaan Program Keluarga Harapan telah mencakup seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Besar, dengan total KSM yang menjadi peserta PKH mencapai 11.833 KSM.
Pada tahun anggaran 2016, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar juga melaksanakan program peningkatan kesejahteraan sosial bagi masyarakat yaitu; program rehabilitasi rumah tidak layak huni, dan bantuan bagi wanita rawan sosial ekonomi dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) PKH.
Sejalan dengan kondisi tersebut, Pemkab Aceh Besar, sangat mengharapkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan harapan dari masyarakat. Upaya percepatan penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota merupakan langkah konkrit Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha ekonomi, serta mensinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan.
Oleh karena itu, jika diperhatikan dari jumlah persentase penduduk miskin di Kabupaten Aceh Besar yang pada tahun 2014 masih mencapai 16,13%, kebijakan tersebut masih perlu ditingkatkan melalui peningkatan kualitas pelayanan dan barang publik melalui komplementari, perbaikan akses pendidikan dan kesehatan keluarga miskin, pengembangan sistem, dan perlindungan sosial secara desentralisasi.
Pada bagian lagi, Dr Samsul Bahri MSi mengemukakan, mengingat pentingnya upaya PKH yang diluncurkan pada tahun 2007 sebagai program percontohan dalam rangka mendukung percepatan Millenium Development Goals (MDGs) khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan, dan saat ini untuk Sustainable Development Goals (SDGs), sehingga hal ini merupakan tugas berat yang harus diemban bersama oleh para anggota Tim Koordinasi UPPKH Kabupaten Aceh Besar.
Oleh karenanya, Pemkab Aceh Besar mengajak seluruh jajaran SPKD terkait di Kabupaten Aceh Besar untuk menggunakan segala sumberdaya yang ada, terutama dalam melakukan koordinasi dan mengendalikan pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kabupaten Aceh Besar dalam upaya mencapai percepatan penanggulangan kemiskinan. Di samping itu, juga diajak berbagai komponen masyarakat, swasta dan dunia usaha, serta lembaga-lembaga donor dan NGO yang berada di Kabupaten Aceh Besar untuk mengambil bagian dalam percepatan penanggulangan kemiskinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
Ditegaskannya, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sangat konsen dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, yang diwujudkan dengan dimasukkannya program penanggulangan kemiskinan sebagai acuan dalam perumusan kebijakan, strategi, dan program pembangunan, sehingga program PKH yang dianggarkan pada tahun 2012, telah dituangkan di dalam RPJM 2012-2017 dan Rancangan Qanun RPJPD Aceh Besar 2008-2028, serta pengalokasian dana sharing dalam mendukung program penanggulangan kemiskinan tersebut.

x

Check Also

apbd-p-2017

Pemkab Aceh Besar Sampaikan APBD-P

Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab menyerahkan Nota Keuangan Rancangan Qanun tentang ...

badan-penanggulanan-bencana-aceh-besar

Bupati Aceh Besar Pimpin Apel Siaga Karhutla

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali bertindak selaku pembina apel siaga bencana ...

bupati-aceh-besar-tambal-jalan-berlubang

Bupati Mawardi Lepas Tim Tambal Jalan Polres Aceh Besar

KOTA JANTHO -Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali melepaskan tim tambal jalan Satuan Lalulintas (Satlantas) ...

Pemkab Aceh Besar Kembangkan Pulo Aceh sebagai Wisata Bahari

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar, menyiapkan program pengembangan Pulo Aceh, sebagai lokasi ...

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali mengukuhkan kepengurusan TP PKK Kabupaten Aceh Besar periode 2017-2022 di Gedung PKK Aceh Besar, Senin (7/8/2017).

Bupati Mawardi Kukuhkan Pengurus PKK Aceh Besar

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali mengukuhkan kepengurusan TP PKK Kabupaten Aceh ...