Home 10 BERITA 10 3.000 PNS Aceh Besar Disumpah
Penandtanganan Sumpah PNS Aceh Besar
Penandtanganan Sumpah PNS Aceh Besar

3.000 PNS Aceh Besar Disumpah

KOTA JANTHO – Untuk tahun 2016, sebanyak 3.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Besar disumpah oleh Plt. Setdakab Aceh Besar Drs Iskandar, MSi. Pengambilan sumpah/janji PNS tersebut dilakukan dalam dua tahap, masing-masing 1.500 dari kalangan tenaga pendidik disumpah pada Selasa (22/11/2016) di kompleks SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Kecamatan Indrapuri, dan berikutnya disusul dengan pengambilan sumpah 1.500 PNS dari berbagai SKPD di halaman Kantor Dinas Pendidikan Aceh Besar di Kota Jantho, Jumat (25/11/2016).
Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Aceh Besar,Rahmad Sentosa SSos MAP melaporkan, pelaksanaan pengambilan sumpah/janji PNS itu berdasarkan Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 66 ayat (1), Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 1975 tentang sumpah/janji PNS Pasal (1), dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS Pasal (3), yang mengamanatkan bahwa setiap PNS wajib mengucapkan sumpah/janji PNS. “Jumlah PNS jajaran Pemkab Aceh Besar disumpah tahun 2016 ini sebanyak 3.000 orang,” ujarnya. Plt. Sekdakab Aceh Besar Drs. Iskandar, MSi menyatakan, menjadi PNS merupakan rahmat dan juga merupakan beban, karena PNS terikat aturan-aturan yang ada, sehingga membatasi perilaku sehari-hari.
PNS harus memberi contoh perilaku yang terpuji dan menjadi teladan bagi masyarakat. “Menjadi PNS merupakan amanah dari Allah SWT agar amanah itu dapat menjadi nilai tambah, bermanfaat untuk orang lain dan kita pribadi. Kita harus mampu mencintai pekerjaan, sehingga menghasilkan karya yang lebih baik. Lebih dari itu, merupakan amanah dari Allah SWT, yang kelak akan dipertanggungjawabkan kepada-Nya,” ucap Drs. Iskandar, MSi.
Lebih lanjut Plt. Sekdakab Aceh Besar mengatakan, pengambilan sumpah/janji PNS merupakan salah satu pembinaan PNS sebagai aparatur negara dan abdi masyarakat yang mempunyai kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila, UUD 1945, negara, dan pemerintah serta bermental baik, bersih, jujur, berdaya guna dan penuh tanggung jawab terhadap tugasnya serta mendukung usaha pemerintah mendorong terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih ‘good and clean government’.
Diingatkannya,setiap PNS dalam bekerja harus berorientasi pada pelayanan publik, bukan kepada budaya dilayani dan berpikir untuk mengumpulkan kekayaan pribadi. Karena hakikatnya PNS adalah aparatur negara yang digaji oleh masyarakat melalui pendapatan negara. Di samping itu, PNS sebagai aparatur negara yang diharapkan dapat bertindak secara profesional dan proporsional dalam tanggung jawab kerja masing-masing, moralitas terjaga, efektif, dan berdaya guna, produktivitas tinggi dengan kualitas yang tinggi pula, transparan serta akuntabel serta menjauhi segala macam bentuk KKN.
Menurut Iskandar, reformasi birokrasi dikatakan berhasil jika tidak ada lagi korupsi. Pemerintah telah menetapkan kebijakan nasional reformasi birokrasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan aparatur pemerintah yang bersih. Reformasi birokrasi hanya akan berhasil jika ada perubahan pola pikir dan budaya kerja aparatur.

KOTA JANTHO – Untuk tahun 2016, sebanyak 3.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Besar disumpah oleh Plt. Setdakab Aceh Besar Drs Iskandar, MSi. Pengambilan sumpah/janji PNS tersebut dilakukan dalam dua tahap, masing-masing 1.500 dari kalangan tenaga pendidik disumpah pada Selasa (22/11/2016) di kompleks SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Kecamatan Indrapuri, dan berikutnya disusul dengan pengambilan sumpah 1.500 PNS dari berbagai SKPD di halaman Kantor Dinas Pendidikan Aceh Besar di Kota Jantho, Jumat (25/11/2016). Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Aceh Besar,Rahmad Sentosa SSos MAP melaporkan, pelaksanaan pengambilan sumpah/janji PNS itu berdasarkan Undang-undang Nomor 5 tahun…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
x

Check Also

IMG_20180705_212855.jpg

Tim Wasev Mabes TNI AD dan Bupati Aceh Besar Tinjau Hasil TMMD di Aneuk Glee

JANTHO – Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabes TNI AD) ...

IMG_20180705_211823.jpg

Bupati Aceh Besar Buka Advokasi dan Sosialisasi Kampanye Imunisasi Measles Rubella

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali advokasi dan sosialisasi kampanye imunisasi Measles ...

IMG_20180621_120030.jpg

Bupati dan Wabup Aceh Besar Sidak SKPD

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan Wabup Aceh Besar Tgk H ...

IMG_20180612_233746.jpg

Bupati Aceh Besar Pantau Pos Pengamanan Mudik Lebaran

KOTA JANTHO – Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali bersama Kapolres AKBP Heru Suprihasto, Dandim ...

IMG_20180602_093622.jpg

Pemkab Aceh Besar Peringati Hari Lahir Pancasila

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 tahun ...